Sunday, September 10, 2023

POLITIK DALAM NEGERI - Meningkatkan Demokrasi: Bawaslu Meluncurkan Pos Konsultasi Hukum untuk Mendukung Pemilihan Umum

 


PT. Rifan Financindo Berjangka - Dalam langkah penting untuk meningkatkan proses demokratisasi di Indonesia, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) telah meluncurkan pos konsultasi hukum yang bertujuan untuk memberikan dukungan berharga kepada masyarakat umum dan pengawas pemilihan umum. Inisiatif ini merupakan langkah kunci dalam memastikan pemilihan yang berkualitas dan demokratis di negara ini.

Peluncuran pos konsultasi hukum ini bertepatan dengan Hari Konstitusi, yang dirayakan setiap tanggal 18 Agustus di Indonesia. Selama acara tersebut, Kepala Bawaslu, Rahmat Bagja, mengungkapkan harapannya terhadap inisiatif ini, dengan menekankan pentingnya "pemilihan yang langsung, publik, gratis, rahasia, jujur, dan adil."

Baca Juga : IPO Luar Biasa dari Arm Holdings dan Instacart Membakar Semangat di Wall Street

Langkah inovatif ini oleh Bawaslu berasal dari komitmennya untuk menciptakan ruang di mana masyarakat umum dapat mengakses informasi terkait pemilihan umum. Terutama, ini juga akan berfungsi sebagai platform bagi pengawas pemilihan umum untuk mencari konsultasi dan panduan hukum dalam menjalankan peran mereka dengan efektif.

Sekretaris Jenderal Bawaslu, Ichsan Fuady, menyoroti dedikasi lembaga ini untuk menawarkan layanan konsultasi yang cepat, mudah, transparan, dan terintegrasi. Selain itu, lembaga ini dengan tegas berkomitmen untuk memastikan bahwa layanan ini tetap akuntabel dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Visi Bawaslu untuk meningkatkan layanan publik melalui fasilitas konsultasi hukum mencerminkan komitmennya yang teguh untuk memberikan masyarakat Indonesia dan pengawas pemilihan akses kepada informasi, pengetahuan, dan panduan hukum yang diperlukan terkait hukum pemilihan.

Dengan peluncuran pos konsultasi hukum ini, Bawaslu bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan publiknya. Dengan menjadikan layanan lebih efisien, transparan, dan dapat diukur, mereka aktif berkontribusi pada prinsip-prinsip tata kelola yang baik.

PT. Rifan Financindo Berjangka - Glh


No comments:

Post a Comment