Wednesday, November 29, 2023

POLITIK DALAM NEGERI - Calon Presiden Prabowo Mengungkap Rencana Ambisius untuk 10 Kota Metaverse

 


PT. Rifan Financindo Berjangka - Dalam pengumuman yang mencengangkan, calon presiden Prabowo Subianto, bersama pasangannya Gibran Rakabuming, berjanji untuk memimpin pembentukan sepuluh kota metaverse jika terpilih dalam pemilihan 2024 mendatang. Inisiatif berani ini diungkapkan oleh Budiman Sudjatmiko, anggota dewan ahli dari tim kampanye nasional Prabowo dan Gibran, selama Indonesia Digital Summit 2023 di Four Seasons Hotel Jakarta pada 28 November.

Menurut Sudjatmiko, kota-kota metaverse ini akan mencerminkan sembilan planet, dengan IKN berperan sebagai pusat super utama dari ekosistem digital. Mewujudkan visi ambisius ini membutuhkan investasi besar sebesar US$8.6 miliar, setara dengan Rp125 triliun. Komitmen ini melibatkan kerjasama antara pemerintah dan berbagai pemangku kepentingan, menekankan keterjangkauan usaha transformasional semacam itu.

Namun apa sebenarnya kota metaverse? Muncul dari evolusi konsep metaverse, terutama setelah perubahan nama Facebook menjadi Meta, kota-kota ini mewakili semesta online 3D yang terus-menerus menggabungkan berbagai dunia virtual. Berfungsi seperti permainan video namun dalam konteks kehidupan nyata, metaverse memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi, beraktivitas, dan merasakan ruang 3D.

Dasar metaverse terletak pada teknologi blockchain dan Internet of Things (IoT). Kota-kota di seluruh dunia, seperti Seoul, telah merangkul teknologi ini secara inovatif untuk mempermudah operasional, menarik wisatawan, dan mengelola sumber daya penting. Seoul, yang ditetapkan sebagai kota metaverse sejak 2021, telah menerapkan program yang mencakup aktivitas di luar gaming, mulai dari tugas birokratis dan pembayaran pajak hingga pendidikan dan pariwisata.

PT. Rifan Financindo Berjangka - Glh

No comments:

Post a Comment