Monday, November 20, 2023

POLITIK DALAM NEGERI - Mengevaluasi Pernyataan Aiman ​​Witjaksono: Sebuah Perspektif Terhadap Demokrasi



PT. Rifan Financindo Berjangka - Dalam konferensi pers terbaru di kantor TPN Ganjar-Mahfud di Jakarta pada 17 November 2023, Ifdhal Kasim, Direktur Penegakan Hukum dan Advokasi Tim Hukum TPN Ganjar-Mahfud, menyoroti pernyataan yang dibuat oleh Aiman Witjaksono mengenai dugaan kurang netralnya aparat penegak hukum. Kasim menegaskan bahwa pernyataan Aiman tersebut masih berada dalam batasan ekspresi demokratis.

Menurut Kasim, Aiman Witjaksono, juru bicara TPN Ganjar-Mahfud, dilaporkan ke Polda Metro Jaya karena menyiratkan bahwa ada unsur dalam Kepolisian Republik Indonesia yang mungkin tidak akan tetap netral selama Pemilu 2024. Namun, Kasim berpendapat bahwa pernyataan Aiman tidak dimaksudkan untuk mencemarkan nama individu atau lembaga karena Aiman tidak secara khusus menyebutkan nama orang atau organisasi.

Baca juga : SPORTS NEWS UPDATE - Thunder Tambah Luka Warriors - Golden State yang Terluka

Tujuan utama Aiman, seperti yang disoroti oleh Kasim, adalah untuk mengingatkan lembaga penegak hukum agar tetap netral dalam berbagai tahapan Pemilu 2024 yang akan datang. Kasim menambahkan bahwa Aiman menyatakan penyesalannya jika pernyataannya benar, dan berharap bahwa ketidaknetralan yang diduga dalam kepolisian tidak berdasar. Selain itu, Aiman menyatakan kepercayaannya pada Kepala Kepolisian (Kapolri) untuk tetap netral selama proses demokrasi pada tahun 2024.

Tim Hukum TPN Ganjar-Mahfud meyakini bahwa pernyataan Aiman masih berada dalam jaminan konstitusional kebebasan berekspresi. Meskipun pernyataan Aiman memicu laporan polisi dari Aliansi Elemen Masyarakat Sipil untuk Demokrasi, Kasim menegaskan bahwa inti pesan Aiman sejalan dengan prinsip-prinsip demokratis yang tertuang dalam konstitusi.

PT. Rifan Financindo Berjangka - Glh

No comments:

Post a Comment