Wednesday, November 15, 2023

POLITIK DALAM NEGERI - Memperkuat Hubungan Keamanan: Menhan AS Bertemu Rekan Se-ASEAN di Jakarta



PT. Rifan Financindo Berjangka - Dalam langkah diplomatik yang signifikan, Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Lloyd J. Austin III, terlibat dalam pertemuan informal dengan menteri pertahanan dari negara-negara ASEAN (kecuali Myanmar) di Jakarta pada 15 November 2023. Pertemuan ini, bagian dari Pertemuan Informal Menteri Pertahanan ASEAN-AS, mendahului Pertemuan Menteri Pertahanan Ke-10 ASEAN (ADMM) Plus, yang dijadwalkan pada 16 November 2023, di Jakarta.

Pertemuan ini, yang dipimpin oleh Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto, berlangsung di balik pintu tertutup, menyoroti pentingnya pembicaraan tersebut. Meskipun liputan media terbatas selama pertemuan informal, Menteri Austin menekankan kemitraan strategis ASEAN dengan AS dalam menjaga kepentingan bersama di kawasan Indo-Pasifik.

Baca juga : SPORTS NEWS UPDATE - Klopp: Ketangguhan Liverpool Bersinar Setelah Kekalahan dari Toulouse

Menanggapi peran ASEAN sebagai mitra strategis yang sangat penting, Menteri Austin, melalui akun Twitter resminya (@SecDef), menekankan kemitraan yang berkesinambungan antara AS dan ASEAN. Dia menunjukkan bahwa pertemuan formal ADMM-Plus pada 16 November menandai setahun sejak terbentuknya Kemitraan Strategis Komprehensif antara AS dan ASEAN.

Setelah pertemuan ASEAN-AS, Menteri Austin melakukan diskusi individu dengan Menteri Pertahanan Vietnam Jenderal Phan Văn Giang dan Menteri Pertahanan Filipina Gilberto C. Teodoro, Jr. Dialog bilateral ini menandakan keinginan untuk kerja sama dan pemahaman yang lebih dalam antara AS dan mitra ASEAN-nya.

PT. Rifan Financindo Berjangka - Glh

No comments:

Post a Comment