Sunday, November 12, 2023

POLITIK DALAM NEGERI - Menuju Kemerdekaan Palestina: Visi Bersama Jokowi dan Raja Abdullah II

 


PT. Rifan Financindo Berjangka - Dalam langkah diplomasi yang signifikan, Presiden Joko Widodo dan Raja Abdullah II bin Al-Hussein dari Yordania menyatakan komitmen bersama untuk mencapai perdamaian dan kemerdekaan bagi Palestina. Pengumuman ini terjadi selama pertemuan bilateral di sela-sela KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Riyadh, Arab Saudi, pada 11 November 2023.

Para pemimpin menekankan penolakan terhadap pemindahan paksa warga Palestina dan menegaskan perlunya memastikan bantuan kemanusiaan yang aman, dapat diprediksi, berkelanjutan, dan menjangkau semua penduduk.

Baca juga : PT Rifan - 28 Perusahaan Dengan Antusias Menanti IPO di BEI

Presiden Jokowi menyoroti titik kesamaan antara Indonesia dan Yordania dalam advokasi untuk kemerdekaan Palestina melalui solusi dua negara. Beliau mengakui peran Yordania sebagai penjaga situs suci agama Islam dan Kristen di Yerusalem, sambil menekankan peran Indonesia sebagai salah satu co-sponsor resolusi Majelis Umum PBB yang disahkan pada 27 Oktober 2023, di New York.

Selama pertemuan, Presiden Jokowi mendorong kesatuan OKI dan langkah-langkah konkret untuk memperbaiki situasi di Gaza. Beliau memanggil gencatan senjata segera dan pembentukan koridor kemanusiaan untuk mengatasi kebutuhan mendesak penduduk.

PT. Rifan Financindo Berjangka - Glh


No comments:

Post a Comment